2/11/2013

KONEKTOR KABEL PADA KENDARAAN

Konektor kabel (Wire conector)
Konektor berfungsi tempat penyambungan kabel pada sistem kelistrikan, melindungi sambungan dari karat dan kotoran, dan memungkinkan sambungan dipisah lagi dengan mudah. 
Konektor terdiri dari konektor laki-laki dan konektor perempuan, rumah konektor terbuat dari plastic, dalam rumah tersebut terdapat lubang untuk memasukkan terminal kabel. Jumlah terminal pada konektor sangat beragam mulai dari satu terminal sampai puluhan terminal.  Agar penyambungan konektor lebih mudah dan tidak salah maka pada konektor terdapat nok sehingga bila posisi tidak tepat maka konektor  tidak dapat masuk, sedangkan untuk menjamin agar sambungan  lebih kuat maka dipasang pengunci.
Bentuk Konektor
Bentuk konektor ada bebarapa macam diantara bentuk bulat maupun bentuk kotak. Jumlah kabel dalam satu konektor sangat bervariasi mulai dari satu kabel sampai puluhan terminal. 

Kontruksi Konektor

Saat melepas konektor harus  memperhatikan teknik penguncikan yang digunakan, dan saat menarik  konektor tidak boleh menarik kabelnya. Bagian yang ditarik adalah bagian konektornya. Teknik melepas penguncian terminal ada beberapa macam diantaranya:
1) Mengangkat pengunci kemudian rumah konektor ditarik
2) Menekan pengunci kemudian rumah konektor ditarik
3) Langsung menarik rumah konektor

Lokasi pengunci :
1) Di tengah
2) Disamping
 Bentuk dan Teknik Penguncian Pada Konektor Kabel
Macam Bentuk Konektor dan Jumlah Terminalnya 

Melepas dan memasang konektor kabel
Melepas konektor harus hati-hati,  cara melepas yang salah dapat meyebabkan kabel putus. Perhatikan metode penguncian yang digunakan oleh konektor, jangan menarik kabel saat melepas.

Langkah melepas konektor kabel adalah sebagai berikut:
1) Tekan pengunci badan soket konektor dan pisahkan badan konektor laki dan perempuan (Male dan Famale)
2) Jika sulit terlepas, angkat anti-back comb dari badan konektor dengan menggunakan obeng
3) Menggunakan obeng, masukkan obeng ke dalam bagian depan badan konektor, angkat pengunci penahan dari terminal dan tarik kabelnya dari konektor.
Melepas Terminal dari Konektor
Langkah memasang
1) Perhatikan posisi pengunci maupun posisi nok
2) Masukkan terminal konektor sampai pengunci bunyi  klik.
3) Pastikan konektor telah terkunci dengan baik dengan cara  menarik konektor tanpa menekan pengunci, konektor tidak boleh terlepas.

Memperbaiki Kerusakan Konektor Kabel
Terminal konektor maupun kabel pada sambungan terminal sering mengalami gangguan. Gangguan pada terminal adalah karat dan terbakar, sedangkan pasa sambungan sering kabelnya putus, untuk mengatasi hal tersebut maka perlu perbaikan konektor kabel.

Langkah perbaikan adalah sebagai berikut:
1) Keluarkan terminal konektor dari rumah konenektor dengan cara menekan pengunci menggunakan kawat atau obeng (-)  ukuran kecil.
 Melepas Terminal Konektor
2) Dorong terminal konektor keluar.
3) Potong kabel yang rusak, dan kupas isolatornya kurang lebih 10 mm.
4) Ukur diameter kabel untuk menentukan ukuran kabel penyambung yang akan digunakan.
5) Buat kabel penyambung dengan ukuran kabel yang sama, kupas ujung kabel, pasang terminal konektor.




Menyambung Kabel Yang Putus

6) Potong kabel penyambung dengan panjang sesuai kabel yang dibutuhkan, kupas isolator pada ujung kabel, sambung kedua kabel dengan Crimp mark, kemudian solder sambungan
7) Geser heat shrink tube ke kabel yang disambung, kemudian panasi heat shrink tube dengan heater.
8) Ungkit pengunci pada terminal konektor, masukkan terminal konektor ke rumah konektor sampai bunyi klik, kemudian tarik kabel untuk menguci apakah terminal konektor sudah terpasang dengan baik.
 Memasang Terminal Konektor

2 komentar: